Minggu, 17 April 2011

Macet...oh Macet...

                                                    
Lingkungan. (kemacetan Lalu-lintas)
Dhany Rupawan...

Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk.
Sebagai salah satu Negara berkembang, Indonesia memiliki banyak permasalahan social yang kompleks. mulai dari pertumbuhan penduduk yang tinggi, kesenjangan sosial, hingga kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pembangunan itu sendiri. Diantara banyak permasalahan itu adalah kemacetan. Masalah kemacetan telah merambah dibeberapa kota besar di indonesia. Salah satunya di Makassar yang kini merupakan salah satu kota besar di Indonesia dengan tingkat pembangunannya yang pesat. Untuk itu, kemacetan pun menjadi masalah yang tak dapat terhindarkan. Kini, kemacetan sudah menjadi santapan sehari-hari masyarakat makassar utamanya pada jam-jam kerja, kondisi inipun semakin meresahkan karena intensitasnya yang semakin tinggi
Masalah kemacetan di Makassar, disebabkan oleh beberapa faktor utama diantaranya :
- Budaya masyarakat makassar yang pada umumnya apatis terhadap aturan berlalu-lintas
- supir pete-pete yang parkir sembarang tempat ketika menunggu penumpang tanpa memperdulikan pengguna jalan di belakangnya
- pasar dan tempat-tempat perbelanjaan yang tidak mempunyai lahan parkir yang luas sehingga tak jarang badan jalan digunakan sebagai tempat parkir yang mengakibatkan penyempitan badan jalan tersebut.
- saluran air/drainase got yang kurang memadai di beberapa ruas jalan tertentu, sehingga jika hujan lebat turun, akan menyebabkan banjir di badan jalan.
- semakin banyaknya pengguna kendaraan pribadi (mobil dan motor)
- kurangnya jalur dan sarana transportasi alternatif