Jumat, 06 Mei 2011

Semiotika Cinta, Sebuah Asumsi


Semiotika Cinta
Sebuah asumsi…Dhany Rupawan

Tak bisa menafikan hal ini dari kehidupan kita. Karena pada dasarnya manusia sangat membutuhkan keindahan (Estetika ) dan cinta adalah salah satu manifestasi terbesarnya yang terwujud dalam tanda-tanda kehidupan.

Bagi saya, Cinta secara umum adalah bahasa kalbu sifatnya sangat abstrak dan tak berbatas. cinta menjadi  sebab atas segala sesuatu tindakan kebaikan. Karena raga manusia sangat terbatas, maka cinta yang tinggi yang bersumber dari sesuatu yang tinggi dan agung, yang kemudian oleh manusia, berusaha di materiil kan dengan melakukan pendekatan2  pada  symbol-simbol keindahan. Menurut Van zoest dalam buku karangan alex sobur “ Semiotika Komunikasi”, mengutarakan Manusia adalah Homo semioticus yang selalu berupaya merebut sebuah tanda deri kekuasaan yang lebih tinggi Dan jika kekuasaan itu berdiam diri, tidak memberikan tanda, maka manusia sendiri yang akan memproklamasikan sesuatu, apa saja sebagai tanda .
Kita shalat karena cinta pada Allah. Cinta adalah sebab yang alamiah dan Shalat adalah Akibat yang merupakan pendekatan semiotik untuk mencapai sang Cinta itu. Gerak tubuh dan doa adalah sarana untuk berkomunkasi dan bertemu dengannya sang pemilik cinta abadi.
Begitupun saat kita merasa jatuh cinta pada seorang wanita. Telah ada idea/konsepsi cinta terhadap lawan jenis yang kita sebut perempuan idaman yang terbangun dalam kalbu kita. Ketika kita melihat seorang wanita, kalbu kita secara alamiah merespon tanda-tanda yang terpancar dari perempuan itu. Kalbu dan logika kita, seketika berkoneksi dengan melakukan penyesuaian tanda antara idea/konsepsi kita disesuaikan dengan tanda yang terpancar dari perempuan itu.  Kalau ada kecocokan atau sedikit mendekati, maka seketika jatuh cinta pada pandangan pertama pun terjadi….
Selalu ada proses yang dinamis dari proses komunikasi semiotic  tersebut yang tak menutup kemungkinan asumsi jatuh cinta pandangan pertama kita bisa berubah setelah menganalisa lebih jauh tanda-tanda yang muncul.